Enjun
Enjun Manusia

Penjelasan Tentang Surface Web, Deep Web dan Dark Web dan Cara Membukanya



Kalian pasti sering mengakses Internet bukan ? Internet sudah seperti konsumsi keseharian kita semua. Google,Facebook,Youtube, serta situs terkenal lainnya yang dapat kita cari di Mesin Pencari adalah bagian dari Surface Web, kalau kita melihat cover artikel ini yang berarti Surface Web berada di puncak. Dan jika kita melihat pada bagian bawah yaitu Deep Web, artinya bahwa masih ada hal yang lebih dalam lagi di dalam Internet. Saat ini kita hanya bisa mengakses 10% situs atau website yang ada di Surface Web, 90% lainnya berada dalam bagian bawah, dan tentunya jika kita ingin ke bagian paling bawah kita memerlukan sebuah "Alat" untuk mencapainya.

Nah kesempatan kali ini saya mau menjelaskan apa sih itu Deep Web, atau juga Dark Web ?

Surface Web biasa kita gunakan sehari-hari, untuk mengaksesnya pun mudah, kalian hanya membuka mesin pencari seperti google,bing,yahoo,dll, dan di hasil penelusuran akan ada banyak link situs atau blog, kalian hanya tinggal 'klik' dan otomatis akan diteruskan ke blog yang kalian klik.

Sedangkan Deep Web adalah kebalikan dari Surface Web, Konten dan berbagai macam Informasi di Deep Web tidak bisa kita temukan dengan mudah seperti Surface Web, Sedangkan data-data yang tidak dapat kita temukan di Surface Web dapat kita temukan dengan mudah di Deep Web. Data-data atau Informasi yang ingin kita temukan di Deep Web ada berbagai macam dan tidak dapat kita saring di Surface Web, contoh data atau Informasi tsb seperti : Data Pribadi seseorang, sebuah database Perusahaan, Informasi Negara, yah intinya konten yang tidak bisa kita temukan di Surface Web.

Banyak yang berpendapat bahwa Deep Web itu "berbahaya" atau banyak yang bilang "lebih baik jangan di akses". Baik atau tidak-nya tergantung dari kita yang meng-aksesnya. Surface dan Deep Web sama-sama sebuah "kumpulan Informasi", keduanya pun bisa kita akses hanya saja cara dan kontennya berbeda. Di Deep Web pun kita mudah di Retas oleh hacker, sama halnya jika kita berseluncur di Surface jika tidak hati-hati.

Seperti kata saya sebelumnya,Jika kita ingin berseluncur internet ke bagian bawah kita memerlukan sebuah alat, nah alat tersebut adalah sebuah Browser khusus yaitu TOR Browser :

Hasil gambar untuk tor browser

Tor Browser sama saja dengan browser pada umum-nya seperti mozilla, hanya saja jika mengakses internet menggunakan Tor Browser, identitas kita akan menjadi anonymous yang artinya kita tidak mempunyai identitas apapun. Jadi jika kalian berseluncur di Deep Web mungkin akan baik-baik saja :v.

Selanjutnya kita bahas Dark Web.

Hasil gambar untuk dark web

Dark Web adalah sebuah porsi kecil dari Deep Web, data dan Informasi yang ada di dark web pun tidak dapat kita temukan dengan mudah seperti Surface Web.  Lokasi Dark Web sendiri masih berada di Deep Web, hanya saja untuk mengakses dark web lebih sulit daripada dark web,  dan Dark Web pun sudah sangat berbahaya untuk di akses jika kita tidak terlalu mengerti tentang persoalan ini.

Untuk cara mengaksesnya sama seperti Deep Web, kita hanya perlu menggunakan Tor Browser sebagai alatnya. Jika kalian benar-benar tertarik untuk mengakses Dark web atau Deep Web, kalian bisa  download sendiri Tor Browser. Dan Jika kalian masih penasaran tentang Deep Web, kalian bisa menonton sebuah film documentary Deep Weeb. Untuk Informasi Film bisa lihat di imdb.

Hasil gambar untuk anime gif scary

Oke sekian dari saya, semoga ada faedahnya bye~!

refrensi : brightplanet.com

Enjun
Enjun  Manusia

1 komentar

  1. Oh begitu yah gan.