Mengenal Strategi Bisnis Serta Memulai Perencanaan Bisnis Dengan Metode SWOT
Strategi bisnis adalah berbagai macam upaya yang dilakukan supaya bisnis yang dijalankan bisa mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Tujuan disini maksudnya adalah mendapatkan pendapatan yang maksimal dan keberhasilan dalam jangka panjang. Strategi bisnis juga bisa diartikan sebagai upaya perusahaan dalam mengambil suatu kebijakan dan pedoman yang mempunyai komitmen dan tindakan yang terintegrasi.
Prinsip Dasar Strategi Bisnis
- Memulai dengan data
Dalam merancang suatu strategi, tidak hanya mengandalkan insting atau asumsi saja,dalam proses pengumpulan records, bisa dimulai dari records tentang bisnis yang dilakukan,kumpulkan semua fakta tentang bagaimana bisnis berjalan dalam kurun waktu tertentu.Setelah itu kita mempelajari peluang besar untuk produk bisnis yang dijalankan,selain itu kita perlu mengamati tingkat penjualan dalam kurun waktu tertentu,kapan penjualan terendah dan kapan penjualan tinggi,serta apa yang menjadi penyebabnya.
Memilih Pendekatan Bisnis
1. Analisa SWOT adalah suatu piranti analisa pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh berbagai organisasi atau perusahaan yang mempunyai keinginan adanya suatu penilaian terhadap rencana yang akan dikehendaki. Faktor internal terdiri dari kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), sedangkan untuk faktor eksternal terdiri dari peluang (opportunity) dan ancaman (risk).
2. Analisis clever adalah suatu analisis yang bertujuan untuk dapat mengetahui dan juga menguji hasil kuantitatif keadaan dari suatu kegiatan. Keadaan suatu kegiatan di-analisa berdasarkan, spesifik (specific), terukur (Measurable), keberhasilan (conceivable), beralasan (affordable), dan order waktu (Time order). Setiap keadaan tersebut diuraikan menjadi berbagai faktor dan diberi ukuran atau kategori dan diberikan bobot,sedangkan bentuk nilai yang dihasilkan dari setiap keadaan tersebut dalam bentuk peta, yaitu peta analisa smart peningkatan suatu kegiatan.
3. Teori optimasi adalah suatu teori yang bisa dipakai untuk menilai pelaksanaan suatu penyelenggaraan kegiatan secara obyektif dengan mengetahui keadaan dan permasalahan yang ada sekarang ini.Teori ini bisa dipakai untuk menilai keadaan dan permasalahan sekarang ini dengan membahas elemen sarana atau prasarana pendukung, peralatan, personil, dan anggaran.
4. Menentukan detail Strategi Bisnis
Dari informasi atau riset yang dimiliki,kita kemudian bisa menentukan detail strategi yang akan diaplikasikan. Lakukan pembagian strategi sesuai dengan bidang tertentu atau breakdown. Misalnya seperti strategi pemasaran, apa yang ingin diaplikasikan.Langkah tersebut sangat lah penting untuk dilaksanakan, bahkan untuk bisnis dengan sekala kecil sekali pun. Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam pelaksanaan strategi yang sudah disusun atau direncanakan dengan tepat.
- Evaluasi Berdasarkan statistics
Setelah melaksanakan strategi yang sudah direncanakan, lalu kita melakukan pengecekan apakah strategi yang dilakukan sudah berhasil, apabila sudah berhasil yang harus kita lakukan selanjutnya adalah terus melakukan pengawasan pada pelaksanaan strategi tersebut. Jika belum berhasil, maka perlu untuk melakukan pengecekan bagian mana yang tidak berhasil dan apa yang menjadi penyebabnya.
Misalnya apabila kegagalan terjadi pada penjualan berasal dari minimnya kunjungan pengunjung ke situs internet site,maka yang harus dilakukan adalah memastikan apakah strategi pemasaran yang dijalankan sudah sesuai dengan rencana atau belum.
1. Keahilian Penyusun Strategi Bisnis
Supaya bisa menyusun suatu strategi yang konseptual, maka dalam melakukan penyusunan strategi dituntut untuk mempunyai berbagai keahlian sebagai penyusun strategi.Beberapa keahlian tersebut diantaranya sebagai berikut :
- Identifikasi
Identifikasi merupakan suatu proses analisis yang penting dan cermat untuk dapat menjamin seluruh faktor yang mempengaruhi strategi sudah matang dipertimbangkan.Yang lebih penting lagi adalah proses identifikasi ini menentukan berbagai parameter atau indikator untuk memulai analisis strategi.
- Prediksi
Prediksi adalah mempertimbangkan kondisi masa yang akan datang.Hal tersebut membutuhkan keahlian ,masa depan memang tidak bisa untuk diidentifikasikan, namun harus diprediksi. Prediksi tidak hanya di dasarkan pada analisis obyektif saja, tapi juga membutuhkan berbagai pertimbangan yang bersifat subjektif.
Dalam penyusunan strategi harus mendapatkan cara untuk bisa menanggapi perubahan lingkungan yang terjadi dengan mengantisipasikan berbagai perubahan yang ada.Antisipasi yang dilakukan tersebut membutuhkan berbagai pertimbangan terhadap ketidakpastian dan prediktif yang cukup sulit.
- Inovasi
Inovasi dalam penyusunan strategi ini cukup penting, karena di zaman yang semakin berkembang ini masalah yang muncul semakin kompleks.Dalam konteks lingkungan dan berbagai sumber perusahaan, penyusunan strategi ini harus melakukan penyelidikan terhadap berbagai pilihan strategi seluas – luas nya, namun tetap dalam kemampuan perusahaan.
- Evaluasi
Setelah melakukan identifikasi, prediksi, dan inovasi, setelah itu adalah melakukan evaluasi atau pengujian. Evaluasi tidak hanya melibatkan berbagai tool logis, namun dalam kenyataannya membutuhkan juga analisis dan pertimbangan. evaluasi dapat mempertemukan tidak hanya lingkungan dan berbagai sumber saat sekarang namun juga prediksi keadaan eksternal dan internal di masa yang akan datang.
- Pembuat Keputusan
Pembuatan keputusan berkaitan dengan pemilihan strategi. Alternatif strategi yang disusun dengan keahlian inovasi atau diuji konsisten-nya supaya bisa dibuat keputusan pemilihan strategi,masa dengan yang tidak pasti bisa menyebabkan pembuatan keputusan mengandung suatu resiko.
Contoh Strategi Bisnis
- Menciptakan Pasar Baru
Anda bisa mengembangkan strategi untuk dijalankan di mana Anda menciptakan pasar yang bahkan tidak ada kompetitor yang masuk. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk merencanakan pengembangan bisnis yang tepat.
Masalahnya adalah menciptakan pasar baru adalah sesuatu yang cukup sulit. Anda harus mengidetifikasi kebutuhan pelanggan Anda dan secara bersamaan mencari peluang dengan tingkat persaingan kompetitor yang rendah.
- Akuisisi
Strategi akuisisi facebook telah berhasil sejak perusahaan diluncurkan. Strategi ini berfokus pada membeli atau mengakuisisi kompetitor daripada menciptakan teknologi sendiri untuk bersaing dengannya.
Sejauh ini ada banyak perusahaan penting yang telah diakuisisi oleh facebook seperti Instagram, Whatsapp, Oculus, dll. 1 tujuan dari kegiatan akuisisi tersebut yaitu : meningkatkan jangkauan dan foundation pengguna.
- Diferensiasi Produk
Apple membedakan sistem operasi phone iOS dengan membuatnya sangat sederhana dibandingkan dengan Android. Ini membedakannya dan membangun pengikut sendiri. Perusahaan juga telah mengikuti strategi yang sama untuk produk-produk lainnya.
- Permainan harga
OnePlus meluncurkan produk andalannya OnePlus 6T dengan fitur yang mirip dengan iPhone X tetapi dengan harga yang kurang dari setengah harga iPhone X. Strategi ini bekerja untuk OnePlus menjadikannya merek telepon premium teratas di India dan negara lain.
Setelah kita tahu dan mengenal tentang Strategi Bisnis Beserta Contohnya, berikut adalah penjelasan tentang perencanaan bisnis dengan metode SWOT.
Analisis SWOT
Analisis SWOT yaitu merupakan teknik atau metode perencanaan strategi yang bertujuan untuk mengevaluasi kekuatan (electricity), kelemahan (weak point), peluang (possibility), dan ancaman (threats) sebuah perusahaan dalam suatu proyek atau bisnis.
Dibutuhkan strategi yang baik untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam konteks organisasi, bisnis, atau usaha. Metode analisis SWOT bertujuan untuk menggambarkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dalam suatu perusahaan. Analisis SWOT terdiri dari empat unsur utama,yaitu power (kekuatan), weak point (kelemahan), opportunity (peluang) dan Threats (ancaman)
- Strenght (Kekuatan)
Analisis ini menyoroti kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan yang bisa memberikan pengaruh positif. Pihak perusahaan atau organisasi bisa menganalisis apa saja kelebihan perusahaan dan keunggulan yang dimiliki perusahaan, serta keunikan perusahaan yang membedakannya dengan perusahaan lainnya. Dalam analisis SWOT biasanya dimasukkan sebanyak mungkin hal positif yang menonjolkan kekuatan dan keunggulan dari perusahaan.
- Weaknees (Kelemahan)
Setiap perusahaan pasti memiliki kelemahan hal tersebut dapat mempengaruhi dampak negatif ke perusahaan. Untuk mengetahui kelemahan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan,kita memposisikan diri kita sebagai konsumen yang biasanya lebih tahu apa yang kurang dari sebuah perusahan. Selain itu, menganalisis hal apa yang dimiliki perusahaan lain tapi tidak dimiliki perusahaan kita, faktor yang menyebabkan kehilangan atau kerugian bagi perusahaan, dan apa yang membuat perusahaan lain lebih baik dari perusahaan kita.
- Opportunity (Peluang)
Analisis peluang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena hal inilah yang akan menentukan perkembangan perusahaan di kemudian hari.Kita harus melihat peluang atau fashion saat ini untuk membuat perusahaan menjadi lebih berkembang.
- Threats (Ancaman)
Analisis ancaman mencakup hal-hal apa saja yang mungkin dihadapi perusahaan yang dapat menghambat perkembangan perusahaan. Kita harus melihat ancaman yang ada untuk menentukan bisnis bertahan atau tidak,beberapa hal yang perlu kita perhatikan dari pesaing luar hingga ketersediaan sumber daya.
Manfaat Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan faktor kunci yang menentukan kontinuitas suatu perusahaan. Hasil dari analisis ini dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan, mengurangi kelemahan, mempertahankan peluang, serta menghindari potensi ancaman. Analisis SWOT juga berguna untuk menetapkan prioritas mana saja yang harus didahulukan oleh perusahaan.
Tujuan Analisis SWOT
Analisis SWOT bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu perusahaan. Analisis ini ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi atau yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan. Dengan melakukan analisis SWOT, kita bisa mengetahui kekuatan dan kelebihan perusahaan sehingga dapat memanfaatkan hal tersebut demi kemajuan perusahaan.
Selain itu, kita bisa menganalisis kelemahan apa saja yang dimiliki perusahaan untuk mencegah hal-hal yang bisa merugikan perusahaan. Analisis SWOT juga berguna untuk meneliti peluang yang ada sehingga kita tahu kapan perusahaan harus bergerak agar mampu bertahan dan diterima di masyarakat. Selain itu analisis SWOT bisa mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah yang ada.
Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT
Terdapat dua faktor penting yang bisa memengaruhi keempat komponen analisis SWOT, yakni faktor inner dan faktor eksternal. Faktor inner merupakan faktor yang berasal dari dalam perusahaan, terdiri dari dua komponen yaitu kekuatan dan kelemahan. Dampaknya akan sangat baik bagi perusahaan atau bisnis apabila kekuatan lebih menonjol dibandingkan kelemahan. Faktor internal mencakup kelebihan atau kekurangan internal perusahaan, keuangan atau finansial, sumber daya yang dimiliki. Sedangkan, faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar perusahaan, terdiri dari dua komponen yaitu peluang dan ancaman.
Faktor eksternal tidak terlibat secara langsung dalam aktivitas perusahaan. Yang termasuk faktor eksternal adalah budaya, lingkungan, sosial politik, ekonomi, sumber modal, peraturan pemerintah, ideologi, perkembangan teknologi, tren, peristiwa-peristiwa yang terjadi.
Refrensi : CPSoft/Mengenal Strategi Bisnis Secara Mendalam Dan Juga Contohnya