Enjun
Enjun Manusia

Cara Install Linux Mint 18.1 - IniSitus


Yoo-hoo :v sekarang ane mau share cara Install Linux mint 18.1 kalo yang ane pake ini serial name nya "Cinnamon" yah tapi tenang saja hampir semua distro linux itu menggunakan metode cara instalasi yang sama. oke langsung saja hal yang perlu disiapkan sebelum instalasi :

1. CD/Bootable Flashdisk Linux
2.Tentu saja Laptop or PC
3.Secangkir teh biar gk bosen nunggu pas install :v

bagi kalian yang gk punya file iso linux nya bisa download di official sitenya (Gratis) kalau dikasih pilihan donate kalian isi aja $0 kalau gk mau donate, linknya disini

Langkah pertama setting pc first boot options bios kalian  ke usb/cd
Note : Ane installnya dari virtualbox tetapi cara installnya sama seperti biasa.

Pertama klik Install Linux Mint


Kedua Pilih bahasa lalu klik Continue


Ketiga centang install third party software lalu klik Continue fungsinya untul menginstall codec music dan video serta pencarian driver hardware kita.



Keempat pilih Someting Else untuk mengatur partisi secara manual.


Nah dibagian ini cukup rumit dalam pembuatan pertisinya, sebelum lanjut ane jelasin dulu yeh, jenis partisi yang dipake di linux.
-partisi ( / ) Bisa dibilang partisi ini untuk menyimpan file program yang diinstall kalo di Windows itu diibaratkan partisi label C: .
-partisi ( /home ) partisi ini untuk menyimpan data document,video,music,dll, bisa dibilang kalo di windows ini partisi label D: .
-partisi ( Swap ) swap partisi ini adalah gunannya untuk membuat virtual memory, kalo RAM pc atau Laptop kalian hanya 2 GB ane saranin kalian buat partisi ini dengan ukuran 2GB lagi. agar saat mengoperasikan linux laptop kalian tidak terlalu lambat.

Yah ane cuma make partisi itu doang :v yosh kita lanjut.

Pilih hardisk yang digunakan untuk menginstall linux
Tentukan jumlah ukuran per partisi yang kalian butuhkan
Selalu pilih use as Ex4 Journaling system dan format partition
nah di mount point kalian pilih jumlah ukuran yang kalian buat itu untuk system atau data.
Setelah kalian sudah membuat partisi / , /home dan /swap selanjutnya klik Install Now
kalau ada peringatan macem2 klik ok aje.



Selanjutnya kita pilih lokasi waktunya, pilih aja Jakarta untuk Indonesia


Pilih layout kayboard kalian, pilih default bawaan aja langsung klik Continue


Selanjutnya buat Username dan Pasword ( Harus Diisi semua ) lalu klik Continue.


Tunggu Instalasi hingga selesai


Setelah selesai instalasi kalian pilih restart.


Yahh beginilah tampilan dekstopnya walaupun ini dekstop linux ane sendiri :v


Note : kalau kalian sehabis selesai install linux dan kalian memutar lagu tetapi gk ada suaranya ane saranin kalian install codec secara manual, kalian bisa cari tahu sendiri cara installnya di google atau di forum linux 😁 dan kalau kalian saat menonton video HD dan videonya patah-patah ane saranin install sofftware player mpv media player dengan cara ketik di terminal :
sudo apt-get install mpv


Sekian dari ane bye-bye 😄 jangan lupa baca artikel-artikel lainnya.




Enjun
Enjun  Manusia

Komentar