Enjun
Enjun Manusia

Cara membuat Restore Point di Windows 10 - IniSitus


Kali ini ane mau share tutorial how to make restore point on Windows 10, did you know System Restore ? yah system restore biasanya dipakai pada saat OS dalam masalah, seperti terinfeksi virus, blue screen, gagal instal driver dll.

Apa kegunaan System Restore ? sytem restore dapat mengembalikan OS ke penggunaan waktu yang sebelmunya kita pakai. bahasa kerennya kembali ke masa lalu contoh pada tanggal 21-02-2017 OS kalian mengalami masalah dan tidak bisa diperbaiki, lalu kalian cek restore point kalian dan ternyata ada, restore point kalian dibuat pada tanggal 19-02-2017, jadi jika kalian memakai restore pointnya settings dan data OS kalian akan kembali ke tanggal restore pointnya, artinya masalah yang ada di OS pada tanggal 21 akan hilang dan settings OS kalian akan kembali ke tanggal 19.
   Bagaimana cara untuk mengaktifkannya ? ikuti steps by stepsnya.

Buka system properties kalian dengan klik kanan Computer di My Computer lalu klik sytem protection


Pastikan pada partisi Local C: system protectionnya telah aktif dan on, maksud dari system protection ini adalah jika windows kalian mengalami eror dan kalian ingin  menjalankan system restore maka otomatis data pada local C: akan terhapus pada tanggal pemilihan system restore kalian.

 Setelah protection pada C: sudah on baru kita buat restore pointnya, klik Create lalu berinama restore point-nya dan klik Create.

Note : Seharusnya jika kalian sudah mengaktifkan system protection dan kalian meng-install aplikasi maka otomatis restore point akan terbuat sendiri sesuai peng-installan tanggal aplikasi.

Jika sudah selesai membuat kita klik System Restore lalu next-next saja hingga pemilihan restore point.


Restore point yang kita buat secara manual sudah ada, kalian pilih restore pointnya klik next dan finish. mudah bukan ?

Note : tidak semua restore point bisa dijalankan dengan normal, misalkan windows kalian terkena virus dan kalian ingin restore files windows nya, pertama kalian uninstall anti virus yang kalian install lalu beralih ke safe mode dan jalankan system restore.

Sekian dari saya semoga bermanfaat mata ashita ~

Enjun
Enjun  Manusia

Komentar