Enjun
Enjun Manusia

Distro Linux Terbaik Yang Mudah Untuk Digunakan



Kali ini ane mau kasih rekomendasi OS dari distro linux, linux adalah OS yang bersifat opensource kalian bebas berkreasi dengan OS ini, linux ini memiliki banyak distronya seperti : Debian,Ubuntu,OpenSuse, dll. Setiap distro linux yang ada memiliki fungsi dan kebutuhan yang berbeda, jika kalian ingin menggunakan linux sebagai sarana untuk keperluan sehari-hari seperti hanya membuat sebuah dokumen dan multimedia Ubuntu sangatlah cocok untuk kalian, dan jika untuk sarana jaringan atau aktivitas hacking saya pikir distro seperti Kali Linux sangatlah cocok.

Oke langsung saja berikut adalah daftar distro linux yang menurut saya sangat mudah untuk digunakan :

1. Ubuntu


Ubuntu adalah salah satu OS kedua Favorit saya Setelah Windows, kenapa ? Ubuntu memiliki design yang modern, dan tidak memakan banyak RAM, Ubuntu tidak perlu memakai laptop yang ber-spesifikasi tinggi dengan laptop kentang saja sudah cukup untuk menjalankan OS ini.

Untuk cara pemakaian tidak terlalu repot, bagi kalian yang sudah terbiasa memakai Windows mungkin jika kalian memakai Ubuntu kalian akan terbiasa, selain itu fitur-fitur di Ubuntu tidak kalah dengan platform Windows.



Ubuntu ver (Standart) Source Pictures : http://www.omgubuntu.co.uk


Ubuntu ver (GNOME) Source : www.thelinuxrain.com

Bagi kalian yang ingin download OSnya langsung kunjungi saja Official Sitenya disini untuk ver Standart | disini untuk ver GNOME
Note : Jika ketika ingin download dan ada halaman donasi kalian isikan saja 0$ jika kalian tidak ingin mendonasi

2. Linux Mint


Linux mint OS ke-3 yang ane favoritkan :v yah penjelasannya hampir sama seperti Ubuntu, Linux mint tidak membutuhkan spek tinggi untuk dijalankan, Linux mint sangat mudah digunakan, jadi saya pikir bagi kalian yang ingin mencoba hal baru dalam OS saya sarankan menggunakan OS ini karena bagi para user linux, linux mint adalah os yang sangat direkomendasikan bagi para pemula.

Untuk tampilan dekstopya bisa kalian lihat halaman depan artikel ini. dan untuk link download bisa kunjungi link disini

3. Elementary OS



Buat kalian yang sudah terbiasa dengan tampilan Mac OS mungkin salah satu distro linux ini yaitu Elemntary OS bisa menjadi alternatif dari Mac OS, yup OS ini memiliki design yang sangat familiar denga Mac OS, tampilan yang elegant tentu saja berbeda dengan distro linux lainnya,

Tampilan dekstop yang modern ini tentu saja akan memakan banyak CPU dan RAM dalam pemakaian-nya jadi saya rekomendasikan Processor kalian memiliki kec min 1.5 Ghz dan RAM kalian sebesar 2-4 GB.

Jika kalian tertarik untuk mencobanya kalian bisa download isonya di link officialnya disini
Note : Cara untuk downloadnya masuk ke homepage lalu di situ kalian diberi pilihan untuk membeli (disini Elementary OS itu OpenSource jadi kalian bisa beli/donasi semau harga kalian, jika kalian tidak ingin donasi kalian hanya isi $0 di menu khusus dan klik download).


4.KDE Neon
Sources Pictures : https://radicalpenguin.me

Jujur saja saya belum pernah memakai OS ini, saya tahu OS ini dari teman-teman blog linux saya karena OS ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang suka dalam dunia fotografi, KDE ini masih dalam berbasis Ubuntu tetapi tampilan dekstop sudah menggunakan dekstop environment .

KDE memiliki tampilan yang minimalist dan tampilannya familiar dengan Windows, jadi bagi kalian yang tertarik kalian bisa download OSnya disini 

5.Zorin OS


Tidak jauh dari KDE, Zorin juga memiliki tampilan dekstop yang mirip Windows, Pilihan antarmuka-nya yang sudah hampir sama dengan windows tidak akan membuat kalian kesusahan dalam meng-operasikan OS ini.

Zorin tidak memakan banyak CPU dan RAM jadi kalian tak perlu khawatir untuk memasang os ini,
kalian bisa download isonya disini


Bagaimana ? menarik untuk dicoba bukan ? jika kalian tidak ingin mengganti OS kalian, kalian bisa mencoba dual OS, caranya ? kalian hanya perlu membuat partisi baru dan menginstall linux seperti biasa, ketika kalian menginstall linux laptop kalian sebelum booting akan diberi pilihan untuk memilih OS. Untuk cara meng-Install linux bisa kalian cari di situs ini dengan keyword "Linux" dan cara untuk membuat partisi baru bisa kalian lihat di artikel selanjutnya.

Enjun
Enjun  Manusia

Komentar