Enjun
Enjun Manusia

Apa Pengertian dan perbedaan Hikikomori, NEET, dan Introvert ?


Sebelumnya ane pernah posting tentang Perbedaan Wibu dan Otaku, di artikel tsb ane pernah jelasin sedikit tentang hikikomori, kali ini ane bakal jelasin semuanya. Sebelum lanjut alangkah baiknya ane mau minta maaf dulu :3 takutnya ketikan/perkatan ane ini menyinggung kalian.

Hikikomori (引きこもり, ひきこもり, atau 引き籠もり, arti harfiah: menarik diri, mengurung diri) adalah istilah Jepang untuk fenomena di kalangan remaja atau dewasa muda di Jepang yang menarik diri dan mengurung diri dari kehidupan sosial. Istilah hikikomori merujuk kepada fenomena sosial secara umum sekaligus sebutan untuk orang-orang yang termasuk ke dalam kelompok sosial ini. (Sumber : Wikipedia.id).

Atau lebih mudah dimengerti Hikikomori adalah seseorang yang suka mengurung diri dan menjauhi kehidupan sosialnya. Biasanya gejala hikikomori ini lebih cenderung dipengaruhi pada saat umur 20-tahun, Hikikomori lebih cenderung menghabiskan waktunya didalam kamar/tempat yang menurutnya nyaman, paling sedikit ia tidak meninggalkan ruangannya dalam waktu 6 bulan lebih atau kurang.

Jika ia meninggalkan ruangannya paling tidak ia keluar hanya pada saat ada sesuatu yang penting, setelah itu ia kembali ke ruangannya, Seorang yang mengidap sifat hikikomori biasanya lebih banyak pada kaum laki-laik dibandingkan perempuan, biasanya itu berumur 20-29 tahun atau bahkan hingga 40 tahun. Penyebab terjadinya hikikomori itu biasanya karena terjadi masalah antar kehidupan sosialnya, atau karena hobi contohnya Otaku, atau karena pengangguran.


Jadi apakah kalian mulai mengerti tentang Hikikomori ? Sebagai catatan banyak yang bilang bahwa Hikikomori dan NEET itu sama, menurut saya Hikikomori dan NEET itu berbeda artian, Hikikomori lebih cenderung mengurung diri karena beberapa alasan, sedangkan NEET itu adalah seorang pengangguran sejati/ seseorang yang tidak suka berkerja.

Dan ada juga yang bilang bahwa Hikikomori dan Introvert juga sama, Seperti yang kalian tahu Hikikomori lebih cenderung mengurung diri karena beberapa alasan dan tidak suka bersosialisasi, sedangkan Introvert bukanlah  seorang yang benci dengan bersosialisasi, introvert cenderung ke sifat pemalu dan pendiam, dan juga introvert lebih suka berdiam diri di tempat yang sepi (bukan berarti ia selamanya mengurung diri, ada kalanya ia suka berpergian keluar tergantung dari suasananya)

Agar kalian tahu cerminan kehidupan seorang Hikikomori,net dan Introvert, kalian bisa melihat anime yang berhubungan dengan Hikikomori dan NEET :


  • NHK ni Yokouso (Cenderung ke Hikikomori dan NEET)
  • Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (Cenderung ke Introvert)
  • Genshiken (Introvert)
  • Osomatsu-san (NEET)
Untuk buruk atau baiknya kalian pikir baik-baik saja, yah walaupun sudah jelas jawabannya.


Itu saja dari saya, selebihnya saya mohon maaf :3 Sekian dari saya bye-bye!

Enjun
Enjun  Manusia

Komentar