Enjun
Enjun Manusia

Cara Menyembunyikan/Hidden Folder Menggunakan Password di Windows Dengan Notepad


Menyembunyikan folder mungkin salah satu cara yang berguna untuk sebagian orang yang ingin menyembunyikan beberapa file/folder terlarang yang tak ingin dilihat oleh orang lain. Nah kali ini saya ingin share bagaimana cara untuk menyembunyikan folder dengan password menggunakan Notepad.
  • Yang pertama, kalian copy dulu kode berikut ini :

  • Jika sudah kalian paste ke notepad lalu save as pilih All Files dan pada akhiran nama file tambahkan .bat.
  • Jika sudah, kalian double klik file .bat yang sudah jadi maka akan otomatis membuat folder baru dengan nama FolderSample
Note : Jika kalian ingin mengubah nama folder/ingin menggunakan folder yang sudah ada, kalian bisa ubah di kode nya lewat notepad dengan cara klik Edit lalu pilih Replace atau bisa dengan langsung menggunkan short key Ctrl+H untuk ke menu Replace, pada bagian Find What kalian ketik FolderSample lalu pada bagian Replace With kalian isi dengan nama folder yang kalian inginkan, jika sudah kalian klik Replace All dan save atau save as.

  • Jika Folder sudah dibuat, kalian double klik kembali file .bat nya, lalu ketik yes untuk konfirmasi bahwa folder akan di hidden, dan no untuk membatalkan.
  • Nah, jika folder sudah bersembunyi atau hilang untuk membukanya kembali kalian hanya perlu double klik lagi file .bat nya dan masukan password yang ada di kode yang saya bagikan.
Note : password bawaan yang di kode adalah inisituss, jika kalian ingin menggantinya kalian tinggal ubah di notepad menggunakan cara replace seperti sebelumnya.  

Dan bagaimana hasilnya ? hasilnya akan seperti gambar awal tutorial ini.

Oke itu saja untuk kali ini, jika kalian masih bingung kalian bisa tanyakan lewat kolom komentar, bye~!.

Enjun
Enjun  Manusia

Komentar