Enjun
Enjun Manusia

Mulai dari mana belajar pemograman ?


Sempat berifikir ingin menjadi seorang programer ? pasti bingung kan ingin memulai/belajar dari mana 😅 yah ane juga sempet sih pernah mikir begitu, nah kali ini ane mau share pengalaman aja tentang mulai dari mana sih belajar pemograman itu ? apa kita langsung belajar ke poin bahasa pemogramannya ? sulit gk sih ?.

Jujur ane ini belum pantas/tidak pantas dipanggil programer, ane bahkan belum punya wawasan/pengalaman didunia program, ane tahu beberapa bahasa program saja dari belajar di SMK, guru ane pun hanya mengajarkan tentang HTML,PHP,database,input/edit/remove data di phpMySql,dan Borland, itu juga hanya dasar-dasarnya.

Ane tertarik dalam dunia program itu ketika ane belajar HTML dan PHP, mulai dari situ ane selalu penasaran, ada berapa banyak sih bahasa program itu ? apakah belajarnya harus sesuai dengan tingkat kesulitan bahasa tsb ? dan Mulai dari mana kita belajar pemograman ?.

Yosh langsung saja, belajar program itu bisa dibilang susah-susah dan gampang, bisa juga dari seberapa niat dan tekun kita untuk belajar, tapi sebelum belajar ada beberapa konsep yang harus kita perhatikan dalam belajar pemograman. Nah konsep apa sih yang harus kita perhatikan ?

1).Algoritma



Algoritma, Jika kalian bermimpi ingin menjadi seorang programer maka kalian harus memahami apa itu algoritma, lalu apa sih arti algoritma itu ? algoritma itu mirip seperti buku panduan. Jika kita membeli sebuah alat yang sangat canggih, syaking canggihnya kita tidak bisa mengoperasikan alat tersebut maka, karena kita tidak bisa mengoperasikan, maka kita coba baca buku petunjuk pemakaian alat tersebut, kita pahami pelan-pelan dan kita pelan-pelan juga akan mengerti bagaimana cara memakai alat yang sangat canggih itu.

Begitulah artian dari algoritma, jika kita langsung memulai pemograman langsung ke inti, dan kita langsung bingung dan tidak mengerti, cobalah kalian pahami algoritma, algoritma adalah sebuah buku panduan/cara penggunaan bagaimana belajar pemograman yang telah dibuat oleh para programer. Jika kalian belajar Algoritma maka sama saja kalian belajar membuat panduan komputer, karena komputer itu diibaratkan seperti bayi, komputer tidak tahu apa yang sedang ia lakukan, maka dari itu kita harus mengajarinya mulai dari NOL

2). Tipe Data

Dalam matematika ada macam-macam berbagai bilangan , Misal bilangan bulat,bilangan desimal,dll.
Dalam bahasa pemogramman bilangan bulat disebut Integer, dan bilangan desimal disebut dengan Real atau Double, lalu bagaimana dengan huruf ? kumpulan huruf dan angka disebut dengan String
Contoh :
                          10,20,3,5,100,125,175  disebut dengan Integer
                          12.5, 14.75, 1.2, 1.0     disebut dengan real atau Double
                         "ada 3 Apel di box"    disebut String, biasanya diapit dengan tanda kutip.
3). Variable

Jika anda ingat pelajaran Matematika dulu, maka variable sering ditemukan disana, Variable biasa disebut dengan peubah. Tapi samakah arti variable di matematika dan bahasa pemrograman?.
Jawabannya sama, variabel di dalam bahasa pemrograman tak ada bedanya dengan yang ada di matematika. Variabel digunakan untuk menyimpan data sementara, dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan.


4).Array

Di dalam bahasa pemrograman ada yang dinamakan dengan Array, Array sama halnya dengan Variable, digunakan untuk menyimpan data. Namun berbeda dengan variable, jika variabel hanya mampu menyimpan satu tipe data, maka array dapat menyimpan berbagai macam data/tipe data sekaligus.

5).Percabangan


Jika kamu belajar maka kamu akan Pintar, Jika tidak maka kamu akan bodoh”.
Ya, kalimat tersebut merupakan contoh percabangan sederhana. di dalam bahasa pemrograman, anda tidak perlu pusing dengan percabangan, anda tinggal mengkonversinya ke dalam bahasa inggris :). misalnya.
        If Andi Study then
        Andi will be smart
        else
        Andi will be stupid
Percabangan If-then-Else ini akan sering anda temukan dalam bahasa pemrograman apapun. Contoh pendekatan bahasa pemrogramannya :
          X = 10
        If x > 5 then
         x lebih besar dari 5
         else
          x lebih kecil dari 5
Sebelumnya kita memasukkan angka 10 ke variabel x, lalu dengan menggunakan percabangan sebagai pengujian kita tentukan apakah x itu lebih dari 5 atau kurang dari 5. jika kita konversi ke bahasa indonesia maka menjadi seperti berikut :
         x = 10
        jika X lebih besar dari 5 maka x lebih besar dari 5 jika tidak maka x         
        lebih kecil dari 5.
Kesimpulan : Jika kalian sudah memahami konsep tsb, maka selanjutnya adalah kalian tinggal memilih bahasa pemograman yang akan kalian perjuangkan :v yah sama kayak ane :v ane juga masih belajar walaupun gk tiap hari :v

Sekian dari ane, mungkin ane bakal off 1 mingguan :v bye-bye~


Enjun
Enjun  Manusia

Komentar