Apa Saja Keuntungan Dari Pembajak Game ?


Beberapa tahun terakhir, pembajakan game merupakan hal yang dinantikan bagi sebagian para gamers. Di Indonesia sendiri, rata-rata orang lebih memilih game bajakan daripada game berbayar. Tak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia game bajakan seakan-akan lebih ditunggu-tunggu daripada game original. Berbicara seputar pembajak game, ada beberapa grup pembajak terkenal, seperti CONSPIR4CY atau disingkat CPY, SKIDROW, 3DM, RELOADED, STEAMPUNKS, dan masih banyak yang lainnya.


Pada bulan Oktober tahun 2017, terjadi hal yang menarik. Baru 10 jam setelah perilisan game terbaru dari Developer Electronic Arts (EA) yaitu FIFA 18 yang dibekali dengan sistem keamanan yang sudah dijamin keamanannya yaitu DENUVO, mampu dibobol oleh grup pembajak yang menamai grup mereka dengan nama STEAMPUNKS. 

Sekedar informasi, Denuvo merupakan sistem atau teknologi keamanan anti-pembajak yang dikembangkan oleh perusahaan asal Austria yang bernama Denuvo Software Solutions GmbH. Selain FIFA 18, beberapa game seperti Total Warhammer II, Marvel vs Capcom: Infinite, Far Cry Primal, Life IS Strange, Pro Evolution Soccer dan FIFA 2017 diketahui menggunakan Denuvo untuk menangkal aksi pembajakan.

Melihat betapa mudahnya sistem keamanan milik Denuvo ini dibobol, tentunya membuat reputasi perusahaan ini semakin dipertanyakan seberapa aman sebenarnya sistem yang digadang-gadang perusahaan tersebut. Dengan kejadian ini, tentunya bakal banyak studio game yang urung menyertakan sistem keamanan Denuvo ini ke dalam game-game buatan mereka.
(sumber : liputan6.com )

Namun yang jadi pertanyaan, apakah ada keuntungan tersendiri dari pembajakan game ini? mari kita simak.


1. MENDAPATKAN UANG


Kenapa sih para pembajak membajak game? jawaban yang pertama adalah untuk mendapatkan uang. Beberapa tahun lalu saat game WatchDogs rilis untuk pertama kalinya muncul banyak sekali para pembajak yang ingin membajak game tersebut.

Salah satu game yang berhasil dibajak adalah game WatchDogs. Singkat cerita ada sebuah website yang sudah terkenal dengan kelengkapannya menyediakan game bajakan yaitu Skidrow, menyediakan link download menggunakan torrent.


Beberapa hari kemudian banyak dari para pemainnya mengeluhkan, bitcoin yang mereka miliki berkurang secara terus menerus selama memainkan game tersebut. Setelah di usut ternyata game tersebut mengandung sebuah software minning bitcoin, yang akan menambang / mengambil bitcoin seseorang secara terus menerus dan mengirimnya ke pembajak. Akhirnya banyak dari para pemainnya merasa dirugikan.

(sumber : cuma-game.blogspot.com )

Namun disamping itu masih banyak para pembajak yang tidak melakukan hal curang, seperti memasang iklan di websitenya atau di website orang lain.

2. MEMBANTU DEVELOPER


Tidak hanya merugikan, ternyata dengan adanya grup pembajak juga bisa menguntungkan para Developer. Bahkan, para Developer dengan senang hati mempersilahkan para grup pembajak untuk membajak game mereka dengan senang hati. Waduh..!!! Lalu, untuk apa gunanya?

Jawabannya adalah supaya para Developer tahu titik lemah game yang mereka buat, dan lebih memperkokoh bagian titik lemah dengan memperkuat game mereka dengan sistem proteksi yang lebih kuat. Sehingga, saat game tersebut dirilis, celah-celah tadi tidak dapat dilewati oleh para pembajak nakal.

Bahkan para pembajak yang sengaja disewa Developer ini dibayar dengan nominal yang sangat tinggi saat berhasil menemukan titik lemah game yang para Developer buat.

Jika kalian sering update, beberapa waktu lalu ada seorang pemuda yang menemukan celah media sosial terbesar Facebook dan memposting hal tersebut di blog pribadinya. Sampai akhirnya tim Facebook tahu, dan membayar pemuda tersebut dengan uang jutaan dollar.

3. MERASA PRIHATIN


Di tahun 2018 ini, banyak sekali game-game yang rilis dengan harga yang tinggi. Namun, tidak banyak orang yang memiliki cukup uang untuk membelinya. Maka dengan hadirnya grup pembajak, seolah-olah mereka adalah para pahlawan super yang siap membantu orang-orang yang sedang dalam masa kesulitan.

Para pembajak dengan sukarela membobol game dan membagikannya secara cuma-cuma kepada semua orang yang tidak cukup uang untuk membeli game tersebut. Sehingga, mereka bisa merasakan bermain game yang berharga tinggi secara cuma-cuma.

4. KESIMPULAN


Baik atau buruknya pembajak game, tergantung yang menilainya. Jika kalian para gamers ingin menghargai usaha para developer, beli lah game original. Di zaman modern sekarang, kalian tidak perlalu jauh-jauh membeli game ke toko game. Ada beberapa situs yang menyediakan game baik itu game gratis, ataupun berbayar. Diantaranya :

STEAM





Saat ini Steam memiliki ribuan game dan juga software. Banyak genre yang bisa kalian pilih di steam. Jika kalian tidak punya cukup uang, kalian bisa mendownload banyak game gratis di Steam.
Link : Steam

Origin




Berikutnya adalah Origin. Berbeda dengan Steam, di Origin hanya tersedia beberapa saja game gratis. Dan juga kebanyakan Origin hanya diisi game-game keluaran Electronic Arts (EA).
Link : Origin

○Uplay



Bagi para pecinta game keluaran Ubisoft seperti Assassins Creed, Battlefield, Watchdogs, FarCry, dan lainnya, Uplay adalah situs penyedia game keluaran Ubisoft. Seperti halnya Origin, Uplay hanya menyediakan game-game keluaran Ubisoft saja.
Link : Uplay

○GOG




Selanjutnya adalah GOG. Banyak para gamers yang pindah ke GOG daripada Steam, alasannya karena GOG memiliki DRM. Jadi, jika suatu saat Steam menutup user, maka secara otomatis gamenya juga akan hilang. Berbeda dengan GOG. Jika suatu saat GOG ditutup, game yang sudah kamu beli dan download tidak akan ikut terhapus dan hilang, dan masih bisa kamu mainkan.
Link : GOG

○Itch.io



Berfokus pada game indie berkualitas, situs ini menyediakan game gratis maupun berbayar secara legal. Terdapat lebih dari 48.000 judul game yang tersedia di itch.io yang bisa kamu download dan mainkan.
Link : itch.io

○OnePlay



OnePlay merupakan situs penyedia layanan game digital yang ada saat ini. sudah lebih dari 2.000 judul game yang tersedia dan siap untuk di beli dan di unduh. Di OnePlay, kamu bisa memilih banyak game untuk berbagai macam platform seperti Windows, Mac, maupun Android.
Link : OnePlay

○Playstore





Terakhir adalah PlayStore. Di Playstore, tersedia berbagai macam game dan juga aplikasi. Disini kamu bisa memilih berbagai macam game berbayar ataupun gratis.
Link : PlayStore

Itulah Artikel mengenai "APA SAJA KEUNTUNGAN DARI PARA PEMBAJAK GAME?". Semoga bisa bermanfaat.
Terimakasih.

Komentar tidak muncul ? silahkan hubungi admin.

Best Regards : Miftah


Komentar